JAKARTA - Adanya sejumlah mafia di tubuh perpajakan, juga menjangkiti lembaga pendidikan. Indonesian Corruption Watch (ICW) menemukan adanya indikasi praktif mafia di bidang pendidikan. Berdasarkan riset yang dilakukan ICW, terdapat 80 kasus dugaan korupsi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan di seluruh Indonesia selama tahun 2006-2009.
Untuk itu, ICW mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut kasus-kasus korupsi tersebut. "Kami meminta KPK untuk memberantas mafia pendidikan, karena korupsi terjadi tidak hanya di Kemendiknas (Kementrian Pendidikan Nasional), tapi juga sampai kepada sekolah," ujar Koordinator ICW Divisi Monitoring Pelayanan Publik, Ade Irawan, usai menemui pimpinan KPK, di gedung KPK, kemarin (29/4).
Menurut data yang dimiliki ICW, kebijakan DAK bidang pendidikan dilaksanakan sejak tahun 2003 melalui Keputusan Menteri Keuangan RI No.544/KMK.07/2002 tertanggal 31 Desember 2002. Anggaran DAK digunakan untuk membiayai rehabilitasi gedung Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Setiap tahun nilai anggaran DAK terus meningkat. Pada 2003, dana yang dialokasikan senilai Rp 625 miliar. Anggaran awal tersebut meningkat hingga Rp 9,3 triliun pada tahun 2009. Namun, dalam pelaksanannya, anggaran DAK tersebut terindikasi adanya anggaran yang diselewengkan.
Berdasarkan kajian ICW, terdapat indikasi korupsi yang dilakukan secara sistemis di tingkat daerah maupun sekolah. Tindakan korupsi tersebut melibatkan banyak pihak, antara lain pejabat pemerintah daerah, kepala dinas pendidikan hingga guru sekolah. Banyak modus yang digunakan dalam menyalahgunakan DAK pendidikan, antara lain penggelapan, mark up, pemotongan anggaran, membuat proyek fiktif sampai mengarahkan pembelian buku ke penerbit yang dekat dengan dinas.
Ade menuturkan, modus yang digunakan pejabat dinas pendidikan, bukan melalui korupsi secara langsung dana DAK. "Melainkan meminta fee maupun mengintervensi proses pengadaan di sekolah-sekolah penerima proyek,"ujarnya. Sementara modus yang digunakan kepala sekolah, lanjut dia, berkisar pada melakukan manipulasi, penggelapan, mark up dalam pembelian barang hingga meminta fee pada rekanan.
Akibat penyelewengan dana DAK tersebut, ditaksir negara mengalami kerugian miliaran rupiah. Seperti di Garut, kerugian negara ditaksir mencapai Rp 4,5 miliar, sementara kasus korupsi DAK di Simalungun sebesar Rp 18 miliar.
Menanggapi laporan ICW, KPK berjanji akan mengkaji ulang laporan tersebut. Menurut Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) KPK Handoyo Sudrajat, pihaknya sudah memberikan laporan kepada Kemendiknas, untuk ditindak lanjuti. (ken)
Hari-hari ini kita dapati berita yang mengharu perih, mengiris iris hati, sebuah tragedi yang dipertahankan dari tahun ke tahun, makin parah menjelang Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Padahal berita itu mengusung pendidikan sebagai tema utamanya, namun bukan pendidikan yang berhasil mencetak orang-orang terdidik, melainkan pendidikan yang tak tentu arah. Tayangan kolosal ujian nasional melibatkan pemeran yang tidak sedikit, ratusan ribu siswa SMA se-Indonesia yang menjadi pecundangnya.
Yang tidak lulus ujian nasional histeria menangisi nasib mereka yang terpaksa harus menghadapi kenyataan, betapa ujian nasional sebagai standar penentu kualitas lulusan SMA telah merenggut harapan mereka dari masa depan yang dianggap cemerlang. Beberapa dari mereka dengan tegar menerima takdir, untuk kemudian mempersiapkan diri mengulang ujian. Beberapa yang lain ada yang menangis berhari-hari, mengutuki dirinya dan juga penyelenggara ujian nasional. Bahkan ada yang sampai gelap mata menghabisi hidupnya dengan bunuh diri. Padahal, ketika ia bertemu dengan malaikat kubur, yang ditanyakan bukanlah berapa nilai ujiannya, melainkan tentang sejauh mana ia memahami agama dan peribadatannya kepada Allah Sang Pencipta.
Sementara itu yang lulus ujian nasional juga histeria merayakan rasa kemenangan mereka dengan mencoret-coret baju sekolahnya, membuat grafiti di dinding, di jalanan, di pakaian dan rambutnya dengan cat semprot. Konvoi sepeda motor dan melanggar peraturan lalu lintas dengan tidak mengenakan helm. Di antaranya sempat bentrok dengan rombongan sekolah lain, saling tikam karena egoisme yang sedang tinggi akibat kelulusan mereka. Bahkan ada juga yang berpesta narkoba dan minuman keras sebagai rasa syukur mereka. Namun kita pun harus membuka mata bahwa ada pula yang benar-benar bersyukur dengan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang tidak berpunya.
Kita juga dapati protes dan komentar dari begitu banyak ahli dan praktisi pendidikan yang mengkritisi praktik ujian nasional yang tidak membuat keadaan lebih baik. Namun sejauh mana kita dapat berharap terhadap institusi pendidikan yang bernama sekolah? Sedangkan sejak zaman Ibu Kita Kartini pun, banyak sarjana yang tidak berkontribusi secara positif kepada bangsanya. Bahkan tidak menentukan bahwa orang yang lebih berpengetahuan, lebih mulia pula budi pekertinya.
Dan kami pun sampailah pada kebenaran yang kedua: “Bukan saja sekolah yang harus mendidik jiwa anak, tetapi juga yang terutama adalah pergaulan di rumah harus mendidik! Sekolah mencerdaskan pikiran sedangkan kehidupan di rumah tangga hendaknya yang membentuk watak anak itu!” (4 Oktober 1902, surat Kartini kepada Tuan Prof. Dr. G.K. Anton dan Nyonya)
Novel Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata sebenarnya telah mencoba memaparkan tragedi di antaranya dengan menampar potret suram pendidikan kita yang tidak berorientasi kepada pembentukan karakter, namun hanya mengejar angka dan materi. Bahkan jika mundur lebih jauh ke masa Soewardi Soeryaningrat, sang pendiri Taman Siswa, 3 semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani yang dijadikan semboyan pendidikan nasional ternyata tidak mampu membingkai dan menggiring sistem pendidikan nasional kita menjadi lebih baik.
Barangkali ada peran yang tidak dilakoni dengan baik oleh salah satu faktor pendidikan sehingga ini semua dapat terjadi? Inilah tragedi ujian nasional, tragedi pendidikan kita. Lalu dengan cara bagaimanakah bangsa Indonesia dapat memaknai dan merenungi Hardiknas nanti?
sumber: pondokecil.wordpress.com
Read more!
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna Facebook yang masih sekolah berhati-hatilah! Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering Anda menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu Anda belajar dan semakin buruklah nilai-nilai mata pelajaran Anda.
Begitu tertulis dalam laporan studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University tersebut. Namun penulis laporan mengatakan, laporannya hanya memperlihatkan kemungkinan hubungan antara penggunaan Facebook dan menurunnya nilai-nilai yang Anda peroleh di sekolah.
Faktanya, jika Anda pengguna Facebook, kemungkinan besar Anda selalu ingin mengetahui status yang dikabarkan oleh teman-teman Anda. Kenikmatan semangkuk baso, asyiknya irama jazz, foto-foto pesta teman-teman dekat Anda, dan pertanyaan-pertanyaan yang berharap mendapatkan komentar karena Anda ingin memastikan seseorang di jaringan pertemanan Anda sedang membaca tulisan Anda memang sangat menggoda hati dan juga menyita waktu Anda. Akhirnya, Anda mungkin terpicu untuk menulis hal-hal tak penting, membaca hal-hal sepele, dan juga berpikir secara tak cerdas.
Untunglah bukan itu yang dilaporkan oleh peneliti Ohio State University. Namun disebutkan bahwa 65% mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut. Yang menarik, 79% dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian.
?Ini ibarat perbedaan antara dapat nilai A dan B,? kata Aryn Karpinski, peneliti Ohio State yang menanyai 219 mahasiswa untuk penelitiannya.
wiek
Sumber: Kompas.Com
http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/04/15/10590447/
KAYUAGUNG, KOMPAS.com ? Para siswa SD hingga SMA sederajat di Kayuagung, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, ditengarai sudah kecanduan permainan di internet (game online) sehingga cenderung malas belajar.
Di sejumlah warung internet di Kayuagung diketahui, puluhan kelompok pelajar hampir setiap hari memenuhi warnet untuk bermain game online, bahkan ada siswa yang membolos sekolah demi menyalurkan hobi di dunia maya tersebut.
Redi (11), pelajar di salah satu SD negeri di Kayuagung, mengaku sengaja menyisihkan uang jajannya sebesar Rp 3.000 per hari untuk bermain game online di warnet selama satu jam penuh karena sehari saja tidak ke warnet ia mengaku pusing.
Sejak empat bulan terakhir saya tidak pernah lagi jajan di sekolah karena uang yang diberikan orangtua disimpan untuk membayar sewa warnet selama satu jam supaya bisa main game online, kata Redi.
Menurut Redi, kedua orangtuanya dipastikan tidak tahu dengan hobi barunya itu mengingat setiap izin keluar rumah, murid kelas VI yang sebentar lagi akan mengikuti UN ini mengaku mau ke rumah temannya untuk belajar kelompok.
Kalau ketahuan suka main game online di warnet, orangtua saya pasti marah. Karena itu, saya selalu mencari alasan agar bisa menyalurkan hobi ini, ujar dia.
Pelajar lain, Yunita (13), siswi di salah satu SMP swasta di Kayuagung, juga mengaku lebih memilih bermain game online di warnet daripada ikut bimbangan belajar karena merasa lebih asyik dan seru. Kalau belajar terus setiap hari, kepala bisa sakit. Karena itu, setiap hari saya meluangkan waktu minimal satu jam untuk bermain game online di warnet agar otak lebih segar dan rasa jenuh hilang, ujar dia.
Adapun game online yang paling digemari para pelajar itu, menurut Yunita, sangat banyak, tetapi umumnya mereka penyukai game online tentang kisah petualangan, ketangkasan, balap, perang, disko, dan tes konsentrasi.
Saya biasanya main petualangan karena lebih seru dibandingkan permainan lain yang kurang menarik dan fiturnya kurang hidup, kata Yunita.
Selain game online, sejumlah siswa SMA sederajat di Kayuagung saat ini juga lagi kecanduan berkomunikasi dengan Facebook dan Friendster di dunia maya sehingga mereka bisa berjam-jam nongkrong di warnet untuk menyalurkan hobinya.
Soalnya asyik sih, dengan Facebook dan Friendster kita bisa mengenal orang dari seluruh dunia tanpa batas, tidak terhalang jarak dan waktu, kata Desi (15) yang diiyakan temannya, Rika (16), pelajar di salah satu SMA negeri di Kayuagung.
Firman (42), salah seorang pemilik warnet di Kayuagung, membenarkan perihal banyaknya pelajar di daerah itu yang saat ini sedang kecanduan game online, Facebook, dan Friendster di dunia maya.
70 Persen pelanggan saya adalah pelajar, sedangkan sisanya masyarakat umum. Sebagai pengusaha, saya tidak mungkin melarang siswa-siswa tersebut untuk bermain game online atau pun Facebook di warnet karena kalau dilarang bisa kehilangan konsumen, kata Firman.
ABI
Sumber : Ant
Sumber: Kompas.Com
http://regional.kompas.com/read/xml/2009/05/01/ Read more!
Telah dilakukan penelitian yang diarahkan kepada peningkatan produktivitas melalui seleksi bibit dan perbaikan pakan, tatalaksana pemeliharaan dan penanganan faktor sosial ekonomi pemeliharaan sapi Madura.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari 535 ekor sapi jantan muda yang diamati di P.Madura, ternyata sapi yang baik terseleksi sebanyak 30 ekor. Libido sapi Madura calon pejantan sangat kuat, tetapi produksi semen masih agak rendah, yaitu: rata-rata 1,0-1,3 ml/ejakulasi dengan konsentrasi 409 juta spermatozoa. Pemberian gliricidia sebanyak20% + dedak 1,5%bobotbadandenganjerami kedelaiad libitum meningkatkan bobot badan 451 gr/ekor/hari. Hasil pengamatar di Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya menunjukkan, bobot hidup dari sapi yang dipotong masih dibawah 250 kg dengan bobot karkas antara 50,96% – 51,72%. Dari segi tatalaksana pemeliharaan menunjukkan, sekitar 80% petani pemelihara menggunakan sapi Madura sebagai sapi kerja denganjumlah kisaran pemeliharaan 1,25-2,5 unitternak. Status pemilikan sapi Madura di peternak, antara lain: sebagai sapi sendiri dan sapi gaduhan. Ratio antara jumlah sapi gaduhan dengan jumlah tenaga kerja keluarga produktif masih rendah, berkisar antara 1,0 – 1,5.
Disimpulkan bahwa seleksi calon pejantan sapi Madura merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu sapi Madura yang cenderung menurun. Gliricidia merupakan salah satu jenis tana man yang dapat dipakai untuk memperbaiki penampilansapi Madura.
Ciri-ciri umum fisik Sapi Madura adalah sbb: :
- Baik jantan ataupun betina sama-sama berwarna merah bata.
- Paha belakang berwarna putih.
- Kaki depan berwarna merah muda.
- Tanduk pendek beragam. Pada betina kecil dan pendek berukuran 10 cm, sedangkanpada jantannya berukuran 15-20 cm.
- Panjang badan mirip Sapi Bali tetapi memiliki punuk walaupun berukuran kecil.
Peraturan tentang Pelestarian Sapi Madura telah dikeluarkan sejak zaman kolonial Belanda, tertuang dalam staatsblad (lembaran negara) No. 226/1923 dan No. 57/1934, serta No. 115/1937. Tahun 1934 pemerintah juga telah menetapkan bahwa Sapi Madura seragam dalam bentuk dan warna. Bahkan pada pasal 13a Undang-undang No. 6/1967, telah ditetapkan tentang pokok-pokok peternakan dan kesehatan hewan. Yang merupakan upaya untuk mempertahankan populasi, menjaga bentuk,warna kulit, serta meningkatkan kualitas produksi Sapi Madura. Dengan kebijakan ini diharapkan pula dapat mencegah tersebarnya penularan jenis penyakit antrax dan sapi gila yang selama ini menjadi momok yang menakutkan masyarakat.
Ciri-ciri umum fisik Sapi Madura adalah sbb: :
- Baik jantan ataupun betina sama-sama berwarna merah bata.
- Paha belakang berwarna putih.
- Kaki depan berwarna merah muda.
- Tanduk pendek beragam. Pada betina kecil dan pendek berukuran 10 cm, sedangkanpada jantannya berukuran 15-20 cm.
- Panjang badan mirip Sapi Bali tetapi memiliki punuk walaupun berukuran kecil.
Peraturan tentang Pelestarian Sapi Madura telah dikeluarkan sejak zaman kolonial Belanda, tertuang dalam staatsblad (lembaran negara) No. 226/1923 dan No. 57/1934, serta No. 115/1937. Tahun 1934 pemerintah juga telah menetapkan bahwa Sapi Madura seragam dalam bentuk dan warna. Bahkan pada pasal 13a Undang-undang No. 6/1967, telah ditetapkan tentang pokok-pokok peternakan dan kesehatan hewan. Yang merupakan upaya untuk mempertahankan populasi, menjaga bentuk,warna kulit, serta meningkatkan kualitas produksi Sapi Madura. Dengan kebijakan ini diharapkan pula dapat mencegah tersebarnya penularan jenis penyakit antrax dan sapi gila yang selama ini menjadi momok yang menakutkan masyarakat.
Secara umum, Sapi Madura memiliki beberapa keunggulan seperti :
- Mudah dipelihara.
- Mudah berbiak dimana saja.
- Tahan terhadap berbagai penyakit.
- Tahan terhadap pakan kualitas rendah.
Dengan kelebihan-kelebihan tersebut , Sapi Madura banyak diminati oleh para peternak bahkan para peneliti dari Negara lain. Sudah banyak Sapi Madura dikirim ke daerah lain, apabila tidak diperhitungkan dengan baik, bisa jadi populasi Sapi Madura di pulau Madura akan terkuras serta mengancam kemurnian ras-nya.
Namun tak dapat dipungkiri, dari waktu ke waktu ada kecenderungan menurunnya produktivitas Sapi Madura, atau terjadi pergeseran nilai (produktivitas) dari waktu ke waktu, yang sampai saat ini belum diketahui dengan jelas faktor penyebabnya.
Beberapa upaya telah dilakukan melalui seleksi calon pejantan, seleksi bibit, perbaikan mutu pakan, tatalaksana pemeliharaan dan penanganan faktor sosial ekonomi pemeliharaan. Pemerintah pun telah memberlakukan peraturan dimana sapi jenis lain dilarang masuk pulau Madura. Sedangkan sapi Madura bebas diperdagangkan maupun dikembang biakan keluar di daerah lain, dengan jumlah yang dikontrol ketat.
Sapi dalam kehidupan masyarakat Madura, memang mempunyai tempat yang khusus. Jasanya terhadap para petani tidak dapat dipandang sebelah mata. Tanah pertanian yang tandus tetap dapat ditanami dengan bantuan Sapi. Alat transportasi yang sulit didapat dipedalaman Madura juga dapat teratasi dengan tenaga sapi yang di padukan dengan pedati, yang di sebut dengan “Sapi Pajikaran”
Sapi Madura betina dengan kualitas bagus mempunyai peran sebagai “ Sapi Pangorbi” ( induk betina ) untuk diambil anaknya (keturunannya). Sapi bagi petani juga merupakan investasi seperti tabungan yang mudah dijadikan uang pada saat diperlukan.
Bukan hanya mempunyai tempat khusus di kehidupan para petani di Madura, Sapi Madura juga membawa pengaruh terhadap tradisi budaya yang memberikan efek positip terhadap kelestarian Sapi Madura ini. Sapi Madura berjenis kelamin jantan, dimanfaatkan sebagai “Sapi Kerapan”, sebagai bagian dari budaya tradisi pertanian ,yang nantinya menjadi salah satu aset pariwisata yang penting di tanah Madura.
Sedangkan untuk Sapi Madura berjenis kelamin betina, selain dijadikan “Sapi Pangorbi”, juga dijadikan “Sapi Phajangan” atau “Sapi Lotrengan” atau juga sebagai “Sapi Sono”. Sampai saat ini “Sapi Sono” masih menjadi bagian dari tradisi petani di sumenep dan Pamekasan. Di daerah Sumenep pemeliharaan “ Sapi Sono” masih dapat ditemukan di daerah Ganding , Batu putih , bluto dan Batang.
Sumber :
- Wikipedia.org
- triakoso.wordpress.com
- maduracenter.wordpress.com
- kabarmadura.com
- untunx83.multiply.com
- sumenep.go.id
- nsukotjo.multiply.com
Read more!
Internet Download Manager (IDM) is a tool to increase download speeds by up to 5 times, resume and schedule downloads. Comprehensive error recovery and resume capability will restart broken or interrupted downloads due to lost connections, network problems, computer shutdowns, or unexpected power outages. Simple graphic user interface makes IDM user friendly and easy to use.Internet Download Manager has a smart download logic accelerator that features intelligent dynamic file segmentation and safe multipart downloading technology to accelerate your downloads. Unlike other download managers and accelerators Internet Download Manager segments downloaded files dynamically during download process and reuses available connections without additional connect and login stages to achieve best acceleration performance.
Internet Download Manager supports proxy servers, ftp and http protocols, firewalls, redirects, cookies, authorization, MP3 audio and MPEG video content processing. IDM integrates seamlessly into Microsoft Internet Explorer, Netscape, MSN Explorer, AOL, Opera, Mozilla, Mozilla Firefox, Mozilla Firebird, Avant Browser, MyIE2, and all other popular browsers to automatically handle your downloads. You can also drag and drop files, or use Internet Download Manager from command line. Internet Download Manager can dial your modem at the set time, download the files you want, then hang up or even shut down your computer when it’s done.
http://hotfile.com/dl/25804949/7a19c7f/SeuLawah.Com.Internet_Download_Manager_5.18_Build_8_Retail.rar.html
hotfile
http://hotfile.com/dl/25804949/7a19c7f/SeuLawah.Com.Internet_Download_Manager_5.18_Build_8_Retail.rar.html
rapidshare
http://rapidshare.com/files/341252356/SeuLawah.Com.Internet_Download_Manager_5.18_Build_8_Retail.rar Read more!
BAB I
BAB II
Sistem pendidikan nasioanal adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Sehubungan dengan hal ini, maka lingkungan tempat berlangusungnya pendidikan merupakan salah satu komponen pendidikan yang perlu mendapat perhatian di samping komponen yang lain secara terpadu dalam mencapai tujuan pendidikan.
BAB III
Beberapa pengamat pesimistis melihat masa depan gerakan pembaruan Islam di Indonesia. Bagaimana pendapat Pak Greg setelah beberapa tahun mengamati isu pembaruan Islam Indonesia?
Menurut Pak Greg, seberapa besar isu-isu atau faktor-faktor di luar pembaruan Islam, seperti kondisi sosial ekonomi atau sosial politik, berpengaruh terhadap isu pembaruan Islam?
Bagaimana kemajuan gagasan-gagasan pembaruan Islam sekarang ini? Ambil contoh, gagasan Islam Yes, Partai Islam No yang dikumandangkan almarhum Nurcholish Madjid atau Pribumisasi Islam yang diusung almarhum Gus Dur; apakah kini sudah melampaui harapan kedua tokoh itu?Kalau dilihat dalam konteks yang lebih luas, sudah terdapat banyak kemajuan positif. Kita melihat pemikiran yang progresif itu sekarang sudah terinstitusionalisasi di lembaga seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan terinstitusionalisasi demikian, pembaruan pemikiran Islam boleh dikatakan telah menjadi mainstream. Namun demikian, tetap masih ada pertarungan, masih terdapat banyak pihak yang tidak setuju. Dan pertarungan yang lebih kelihatan sekarang ialah antara--katakan saja--kaum salafi dan kaum yang lebih progresif. Antara yang bilang bahwa Islam itu tidak pernah berubah, sama di seluruh dunia--baik di dunia Arab maupun dunia Asia Tenggara--melawan mereka yang bilang bahwa Islam itu bisa berwarna-warni. Antara yang berpendapat bahwa kebudayaan lokal, kebudayaan setempat tidak ada gunanya dan dianggap bid’ah, berhadapan dengan yang mengusung gagasan pribumisasi Islam.
Jadi ada dua kelompok. Pertama, kelompok yang mewacanakan gagasan-gagasan keislaman yang tidak monolitik dan membuka ruang yang lebih lebar bagi aktivitas interpretasi dan penafsiran. Kedua, kelompok yang mau memahami Islam dalam cara yang cukup hitam-putih; tidak pernah berubah, firman Allah tetap firman Allah, unsur-unsur kebudayaan lokal tidak ada gunanya. Pemahaman kelompok ini cukup sederhana dan mempunyai daya tarik justru karena begitu sederhananya itu.
Tentang gagasan Pribumisasi Islam, sejauh apa pemahaman masyarakat Muslim Indonesia terhadap gagasan Gus Dur itu dan seberapa penting gagasan tersebut dalam membentuk perilaku masyarakat Muslim Indonesia?
Memang kalau kita bicara isu yang cukup abstrak, yang sarat dengan istilah-istilah akademis, pasti banyak masyarakat yang tidak tahu. Tetapi sebenarnya konsep itu sangat sederhana dan orang sudah mengalami konsep itu dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat desa di Jawa, misalnya, beragama tapi juga terbuka terhadap pengaruh-pengaruh kebudayaan. Kebudayaan, tradisi dan agama, bisa digabungkan dan dapat pula saling bekerja sama. Orang bisa beragama sekaligus juga bisa berbudaya. Bahkan wayang kulit bisa dipakai untuk menceritakan pesan dan nilai-nilai agama. Masyarakat pedesaan Jawa justru akan merasa aneh dan heran jika beragama berarti harus menanggalkan tradisi.
Tiga dari empat tokoh pembaruan yang anda tulis dalam buku Gagasan Islam Liberal di Indonesia kini telah tiada. Bagaimana nasib pembaruan Islam Indonesia ke depan?
Kita sangat menyayangkan keadaa ini. Pak Djohan (Djohan Effendi) pasti merasa sangat sedih karena ketiga temannya telah meninggalkannya lebih dulu. Cendekiawan-cendekiawan ini memang berperan penting dalam pembaruan pemikiran Islam di Indonesia. Mereka merupakan tokoh yang sangat menonjol dan sumbangan pemikiran mereka sangat terasa. Tetapi tidak berarti dengan hilangnya mereka, lantas segalanya akan berhenti. Sebab mereka telah memberikan banyak warisan: dalam bentuk pemikiran-pemikiran, dalam bentuk ketulusan dan contoh-perilaku. Banyak generasi muda yang sudah dipengaruhi ide-ide mereka, dan pengaruh itu sudah terinternalisasi sedemikian rupa, sehingga generasi muda itu sekarang sudah dapat memproduksi gagasan mereka sendiri.
Memang kalau bicara tentang Gus Dur, jelas tidak ada duanya. Kita tidak tahu kapan akan muncul lagi tokoh sekaliber Gus Dur. Meski begitu, saya tetap optimistis karena mereka telah banyak menanam dan menginvestasikan pemikiran mereka kepada para generasi muda. Saya yakin “investasi” mereka akan berbuah, dan hal itu sudah bisa kita rasakan sekarang.
Bagaimana pula peran kaum intelektual muda dari organisasi-organisasi besar Islam dalam menggerakkan gerbong perubahan dan pembaharuan Islam Indonesia?
Memang isu yang berkaitan dengan generasi penerus dari kalangan muda itu sangat penting dan sangat menentukan. Sudah jelas bahwa sumbangan dari NU dan Muhammadiyah memang sangat besar, apalagi dalam proses transisi menuju demokrasi. Mereka memang merupakan organisasi masyarakat sipil yang pada umumnya cukup toleran dan progresif. Apakah di masa depan kedua organisasi itu akan tetap berperan secara signifikan, saya kira sangat tergantung pada dinamika internal generasi mudanya. Apakah para anak muda itu, angkatan muda itu, diberi tempat dalam Muhammadiyah atau NU sehingga dapat berperan lebih banyak, atau tidak. Jadi, mari kita lihat hasil muktamar NU di Makasaar akhir Maret nanti. Juga perlu kita amati pula perubahan pimpinan di Muhammadiyah. Kalau para pemimpin kedua organisasi itu dapat bersikap lebih arif dan bisa menggali tenaga yang ada di dalam generasi muda itu, pasti masa depan sangat baik. Tetapi jika anak-anak muda itu merasa tersinggung karena merasa ditinggalkan, maka gerbong pembaharuan Islam Indonesia telah menyia-nyiakan potensi terbesar dari kader-kader terbaiknya.
Beberapa waktu lalu, Qanun Jinayat sudah disahkan di Aceh. Perda bernuansa syariat seperti ini sebelumnya banyak pula diberlakukan di beberapa daerah. Apakah euforia formalisasi syari’at ini akan menjalar ke daerah-daerah lain di Indonesia?
Lima tahun yang lalu orang cukup kuatir, cukup gelisah akan terjadi perda syari’at di mana-mana. Tapi saya melihat lama-lama perda syari’at kelihatan tidak terlalu laris, tidak diterima baik oleh rakyat, tidak terlalu efektif karena tidak ada gunanya. Kasus Aceh sendiri, menurut saya, merupakan exceptional atau pengecualian karena berkaitan dengan situasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan lain sebagainya. Di Aceh pun, sejauh yang saya tahu, perda syari’ah itu tidak terlalu populer. Dan yang perlu diingat adalah: yang paling rugi dari penerapan perda syari’at ini adalah kaum perempuan, karena kebebasan mereka menjadi sangat terganggu.
Dalam prediksi Pak Greg, kira-kira pandangan keislaman seperti apa yang akan lebih mewarnai wajah Islam Indonesia di masa mendatang?
Tidak gampang memberikan prediksi tentang hal itu, karena ada begitu banyak faktor yang menentukan. Tapi ada beberapa hal yang bagi saya cukup jelas. Pertama, dulu ada teori sekularisasi yang bilang bahwa lama-lama agama akan hilang, agama tidak terlalu penting. Tetapi sangat kelihatan, paling tidak di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Afrika, dan di Asia, bahwa agama itu masih sehat. Bahkan di mana-mana ada kelompok fundamentalis yang muncul. Di dalam umat Kristen ada banyak pula yang fundamentalis. Di India ada kelompok Hindu fundamentalis yang muncul. Saya kira di masa depan tetap akan ada kelompok yang fundamentalis, karena daya tarik tertentu yang mereka miliki, yaitu sikapnya yang hitam-putih dengan keyakinan yang begitu pasti, dengan percaya diri yang cukup tinggi. Apalagi untuk para pemuda dan kaum remaja.
Dalam pandangan saya, ajaran agama Islam itu sebenarnya sangat menekankan nilai rahman dan rahim Tuhan, pada cinta, pada berkat, pada perasaan peduli. Nah, biasanya salah satu kelemahan gerakan fundamentalis di mana pun, mereka sering agak lupa akan faktor manusia dan lupa faktor empati dan cinta. Dan saya kira itu merupakan kelemahannya yang mendasar. Jadi, walau mereka punya daya tarik karena pola pikirnya yang hitam-putih, karena keyakinan yang sangat jelas, tapi mereka juga memiliki sisi kelemahan dalam aspek-aspek tadi. Namun dalam jangka waktu dekat, gerakan fundamentalis tidak akan hilang, tapi posisi mereka tetap akan merupakan fenomena minoritas, bagian kecil saja dari jumlah total umat Islam. [malja a.]
Anda bingung mencari RPP silabus dan SATPEL dan semacamnya, mungkin disini saya akan membantu bapak ibu guru selaku pengajar.
karena banyak tugas maka disini langsung saja ke dalam pembahasannya maka untuk download rpp kelas 7 smp sikalan klik disini. jika anda ingin mendownload
- RPP - KELAS VII - VIII -IX SMP MATA PELAJARAN MATEMATIKA
- SILABUS KELAS VIII SMP MATA PELAJARAN MATEMATIKA
- SILABUS KELAS X-XI-XII SMA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
- RPP MATEMATIKA UNTUK SMA KELAS X - XI - XII MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Pamekasan Proses Penyimpangan Dana Pendidikan Rp1,9 M" DPRD Pamekasan Proses Penyimpangan Dana Pendidikan Rp1,9 M
Menurut anggota dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Heidir Rahman, sistem penunjukan dalam pengadaan buku senilai Rp1,9 miliar di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan melanggar ketentuan.
Di buku yang didistribusikan itu isinya atlas untuk kabupaten dan provinsi, padahal yang sesuai dengan kurikulum pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA adalah atlas benua Asia dan dunia.
1. Wisata Budaya
- Kerapan Sapi merupakan pariwisata andalan yang banyak mendatangkan Wisatawan Manca Negara dan Wisatawan Nusantara. Karapan Sapi ini dilaksanakan pada bulan September hingga bulan Nopember, yang puncaknya pada tingkat Pembantu Gubernur Madura yang memperebutkan Piala Presiden yang dikenal dengan sebutan Kerap Gubeng.
- Sapi Sonok adalah kontes pasangan sapi betina yang terdiri dari jenis ras Madura,
dengan kriteria penilaian : kecantikan, penampilan, dan kekompakan dalam berlaga di arena kontes. di Kabupaten Pamekasan, lokasi kontes sapi sonok terletak di Desa Waru Barat Kecamatan Waru ± 34 Km arah utara dari Kota Pamekasan, dengan kondisi jalan aspal dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi mobil angkutan umum.
atas keberhasilannya dalam mengarungi lautan, dalam kegiatannya diawali dengan acara keagamaan dan diakhiri dengan pagelaran seni dan budaya setempat. Lokasi kegiatannya terletak di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu ± 16 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan, dapat ditempuh dengan sarana mobil angkutan umum/ojek dengan kondisi jalan aspal;
- Api Tak Kunjung Padam terletak arah selatan ± 7 Km dari Kota Pamekasan tepatnya di Dusun Dangkah Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan yang merupakan wisata api abadi, sumber air panas dan belerang. Masyarakat lokal mengkaitkan keberadaan obyek wisata tersebut dengan cerita legenda Ki Moko. Setiap malam bulan purnama lokasi wisata ini selalu ramai karena sarana transportasi sangat mudah dan kondisi jalan aspal.
3. Wisata Bahari
- Pesisir Jumiang terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu berjarak ± 12 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan dengan kondisi jalan aspal dan dapat ditempuh dengan sarana transportasi mobil angkutan umum/ojek.
Kota Pamekasan, dapat ditempuh dengan mobil angkutan umum. Lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya berdekatan dengan jalan lintas jurusan Kalianget – Kamal.
- Pantai Batu Kerbuy terletak di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean, berjarak ± 45 Km arah utara dari Kota pamekasan, Obyek wisata ini sangat mudah dijangkau karena posisinya berdekatan dengan jalan raya pantura jurusan Sumenep - Kamal.
- Situs Pangeran Ronggo Sukowati terletak di Kelurahan Kolpajung Kabupaten Pamekasan kira-kira 1 Km sebelah utara alun-alun Kota Pamekasan. Situs ini merupakan komplek makam Pangeran Ronggo Sukowati dan Keluarganya, merupakan raja Islam pertama dan pendiri Kabupaten Pamekasan. Situs Pangeran Ronggo Sukowati merupakan komplek pemakaman Islam tertua di pamekasan termauk juga di wilayah Madura.
- Vihara Avalokitervara, obyek wisata ini bersebelahan dengan lokasi wisata pantai talang siring terletak arah timur ± 14 Km dari Kota Pamekasan tepatnya di Desa Polagan Kecamatan Larangan yang sering dikunjungi wisatawan dari luar Madura. Sarana transportasi menuju ke lokasi dengan mobil angkutan umum/ojek dengan kondisi jalan aspal.
NO. | U R A I A N | SATUAN | 2007 | 2008 |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1. | Jumlah Wisatawan | |||
- Nusantara | Orang | 169.900 | 169.990 | |
- Mancanegara | Orang | 17 | 19 | |
J u m l a h | Orang | 169.917 | 170.109 | |
2. | Lama Tinggal | |||
- Nusantara | Hari | 3 | 3 | |
- Mancanegara | Hari | 1 | 6 |
Kesenian
NO. | KESENIAN | JENIS |
1 | 2 | 3 |
1. | Seni Tari | Tari Topeng Getak, Tari Ronding/Baris/Kencak, Tari Macan Macanan dan Tari Kreasi |
2. | Seni Suara | Macopat, Samman, Pojian, Danggak, Hadrah dan Samroh |
3. | Seni Musik | Karawitan, Orkes Melayu, Orkes Gambus, Thuk-Thuk/Daul, Ngok-Ngok, Band dan Marcing Band |
4. | Seni Bela Diri | Pencak Silat, Karate dan Tenaga Dalam |
- Kerajinan
NO. | JENIS SOUVENIR | LOKASI PRODUKSI |
1 | 2 | 3 |
1. 2. 3. 4. 5. | Clurit Hias Kerang Hias Batik Tulis Pecut Tas Kobal | Desa Pamoroh Kec. Kadur Desa Polagan Kec. Galis Desa Klampar dan Candi Burung Kec. Proppo Kelurahan Kowel Kec. Pamekasan Desa Larangan Badung Kec. Palengaan Lembaga Pemasyarakatan Pamekasan Desa Murtajih Kec. Pademawu |
Galeri Batik
NO. | NAMA GALERI | A L A M A T | TELEPON/HP |
1 | 2 | 3 | 4 |
1. | Fiesta Madura | Jl. Kabupaten | (0324) 323606 |
2. | Dua Belas | Jl. P. Diponegoro | (0324) 322586 |
3. | Latansa | Jl. Sersan Misrul | |
4. | Soraya Batik | Jl. Segara | |
5. | Abi Batik | Jl. Kabupaten | 0818 0304 5543 |
6. | Padi Farma | Jl. P. Diponegoro | |
7. | HB | Jl. Jokotole | |
8. | Ideal Batik | Jl. Jokotole Permai | (0324) 323 902 |
Jamu Ramuan Madura
NO. | NAMA PENGUSAHA | NAMA IKOT | A L A M A T | TELEPON |
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. | Fachruzan, SH | Mahkota Madura | Jl. Kabupaten No. 71 | |
2. | Sumiyati | BRB Grup | Jl. Mesjid Bagandan | |
3. | R. Ayu. Marwiyah | Ibu Kasim | Jl. Mesigit | |
4. | Hj, Musrifatul Jannah | Janor Koneng | Jl, Pintu Gerbang | |
5. | Hj. Nurhayati | Pusaka Warisan Madura | Jl. Wahid Hasyim No. 17 | |
6. | Abdullah Sa’id | K I A | Jl. Cokroatmojo No. 99 | |
7. | Firdaus | Mustika Madura | Jl. Jokotole No. 20 A | |
8. | Alwi Achmad | Setia Jaya | Jl. Balai Kambang | |
9. | Mulyono | Sekar Arum | Jl. Ghazali | |
10. | M. Hasan Basri | Sekar Madu | Jl. Stadion Gg. VI/26 | |
11. | Siti Sholehah | Ika Satria | Jl. Raya Pegantenan |
Dear Friends.. Apakah saat ini kamu sedang tertarik dengan cewek cantik yang ada di lingkunganmu? Aku coba beri beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu kamu mencapai kesuksesan. Artikel ini memberikan informasi untuk dapat memasuki pikiran cewek itu dan lebih dekat dengannya. Ingat dasar keberanian adalah modal yang utama.
Langkah-Langkah
- Cobalah mulai melakukan pembicaraan dengannya, bicara dengan penuh percaya diri, tapi jangan berusaha untuk keren, sok pintar, sok tahu atau jaim, biasa aja dulu.
- Mungkin awal percaya diri kamu palsu tapi dia akan merespon kamu secara alami
- Latihlah terlebih dahulu dengan cewek yang lain. Ada dua opsi disini: antara cewek yang sudah kamu kenal dan kamu anggap dia mudah didapat, atau orang yang belum kamu kenal tapi kamu merasa pede dengannya. Latihlah hal ini, toh tidak apa-apa kalau gagal karena dia bukan target utama kamu kan? Pelajari bagaimana responnya, tingkahnya dan terus tingkatkan ke-pedean kamu. WARNING!! Jangan buat mainan yaa!! Jangan sampai dia jatuh hati denganmu karena ingat! Dia hanyalah teman berlatihmu.
- Lemparkan humor atau lelucon ringan, lelucon dapat menghangatkan suasana, atau kalau kamu melihat cewek itu sok pintar.. kamu sebaiknya pura-pura bodoh dan terus perhatikan ucapannya sambil mengangguk-angguk, si cewek akan berpikir kamu adalah pendengar yang penuh pengertian.
- Perlihatkan dan pastikan bahwa kamu menguasai apa yang kamu ucapkan, jangan coba-coba bercerita yang bukan dirimu atau terlalu kamu lebih-lebihkan. Hindari kata “aku” yang terlalu sering. Perbanyaklah kata “ooohh gitu ya..” atau “hmmm.. kamu betul..“
- Kalau kamu terpeleset dengan kata-kata yang menjebak, alihkan itu dengan lelucon dan jadikan sebuah humor baru dari kondisi tersebut. Gak perlu stress tapi smart and fun.
- Duduk dekat dengannya dan jaga jarak kira-kira 2 kursi, jangan menatap dari leher ke bawah, tapi coba tatap mulutnya yang sedang berbicara.
- Jangan terlalu sering bercanda perhatikan jika lelucon kamu di balas dengan senyum palsu. Jika dia tersenyum tanpa menggerakkan otot-otot pada matanya dengan jelas berarti itu palsu.
- Pelajari tatapan dan arah matanya saat berbicara, jika dia memandang ke kanan atas berarti sedang berpikir tentang masa depan begitupun sebaliknya jika memandang ke kiri bawah, masa lalulah yg sedang menjadi pikirannya.
- Jangan terlalu memaksa untuk mengajaknya bicara, jika tiba-tiba dia harus pergi, kamu gak perlu terlalu kaget dan melompat sambil berkata “Ok..Oke.. sampai ketemu ya..” tapi santai saja dan katakan “Asik ya ngobrol sama kamu, kapan-kapan kita ngobrol lagi ya? Ok.. byee.. ” sambil berikan perhatian dan hindari “jutex” atau pura-pura ga butuh.. Kamu butuh dia kan??
Tips Penting
- Pastikan kamu tidak bau badan, bau mulut atau terlalu wangi
- Pakaian yang sopan, tidak kumal karena kamu kan ingin dia perhatikan.. Dan Be Funny, Charming..
- Rambut rapi dan sikat gigi, bershampoo lah yang memiliki harum lembut. Cewek menilai cowok juga dari baunya lho…!
- Jangan menguasainya, apalagi kalau dia terlalu menawan dan amat seksi… Ingat kamu berusaha mendapatkannya bukan membuat dia takut padamu.
- Perhatikan isi kantong kamu.. jangan pernah coba merayu cewek cantik tapi kantong kamu kosong. Jaman sekarang semua dinilai dengan materi, bagaimana dia percaya kamu mau ajak nonton atau kencan kalau kamu bokek.. (hareeee geneeee… hahahaaha)
Peringatan!!!
- Bersiap-siaplah kalau ditolak tapi jangan sampai ditolak mentah-mentah. Penolakan terjadi pada siapa saja bahkan Tom Cruise sekalipun sering ditolak.
- Jangan sampai dia tidak tertarik sama sekali dengan kamu. Pelajari dia baik-baik, perlu waktu dan jangan terburu-buru.. pelajari.. selidiki dan perhatikan..
- Jangan mengajaknya berdua saja dengan kamu pada awal kencanmu, tapi pertemukanlah pada teman-temanmu dan ajak mereka semua jalan bareng. Keakrabanmu dan nilai kamu dimata teman-temanmu dapat bernilai tinggi bagi cewek cantik idamanmu.
sumber : dondandon.com Read more!
Bagai mana pendidikan di daerah anda?
Search GOOGLE
Contributors
Blogroll
-
Negati Dikalikan Negatif Hasilnya Menjadi Positif - Pada suatu hari ketika saya lagi menjelaskan perkalian dalam pendidikan dimana tempat saya mengajar ketika hari itu ada salah seorang muridku dimana dia an...13 tahun yang lalu